HIPKI Ponorogo Kunjungi LPK Elmuna

SM/Komper Wardopo - FOTO BERSAMA : Rombongan Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia Kabupaten Ponorogo berfoto bersama di depan kantor Lembaga Kursus dan Pelatihan Elmuna di Klirong, Kebumen, Sabtu (11/11). (41)
SM/Komper Wardopo – FOTO BERSAMA : Rombongan Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia Kabupaten Ponorogo berfoto bersama di depan kantor Lembaga Kursus dan Pelatihan Elmuna di Klirong, Kebumen, Sabtu (11/11). (41)

KEBUMEN– Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI) Kabupaten Ponorogo Jatim Sabtu (11/11) lalu melakukan studi banding ke Kebumen. Salah satu sasaran yakni mengunjungi Lembaga Kursus dan Pelatihan Elmuna di Kecamatan Klirong.

Rombongan dipimpin Ketua DPC HIPKI Ponorogo Dina Trisnawati didampingi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo. Mereka berjumlah 50 orang dari pengelola LPK, diterima langsung Pimpinan LPK Elmuna Muhdori.

Ikut menyambut rombongan tersebut Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Aminah serta Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Klirong Supriono. Dina Trisnawati menjelaskan, studi banding tersebut bertujuan meningkatkan strategi pengelolaan LPK di Kabupaten Ponorogo.

Secara khusus melalui kunjungan itu bisa meningkatkan tata kelola lembaga kursus dan pelatihan agar pengelolaan manajemen lembaga nonformal itu semakin profesional. Pihaknya juga ingin mempersiapkan LPK di Kabupaten Ponorogo menuju lembaga yang terakreditasi. Baik dari aspek kelembagaan maupun program.

Bahkan HIPKI ingin meningkatkan daya saing lembaga kepelatihan di Ponorogo menghadapi era globalisasi.”Kami ingin belajar tentang manajemen pengelolaan LPK serta bagimana mengelola programnya agar selalu dibutuhkan masyarakat,”tandas dia.

Program Unggulan

Pimpinan Elmuna Muhdori menyatakan, pihaknya berterima aksih atas kungjungan dan kepercayaan dari HIPKI Ponorogo. Kunjungan tersebut merupakan suatu kehormatan. Dirinya akan terus berusaha meningkatkan kualitas pengelolaan LPK agar semakin profesional, dibutuhkan oleh masyarakat sekaligus memiliki akreditasi yang baik.

Muhdori menjelaskan, LPK Elmuna memiliki program unggulan teknik komputer, akuntansi serta kursus mobil. Bahkan pihaknya kini dipercaya para guru PAUD dan TK di Kebumen memberikan pelatihan membuat modul pembelajaran bagi anak didik.

Pihaknya juga pernah menyabet penghargaan LPK terbaik se Jateng beberapa waktu lalu. “Dewasa ini kami juga bergiat dengan polres dan Komunitas Antihoaks Kebumen untuk menyosialisasikan cerdas berinternet bagi pelajar SMAdan SMK,”tandas Muhdori.

Menurut Muhdori, salah satu kunci memajukan LPK di tengah persaingan yang ketat dengan lembaga pendidikan formal yakni selalu memiliki program unggulan yang dibutuhkan masyarakat. Selain itu, harus terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berjerjaring dengan berbagai pihak. (B3-41)

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/48049/hipki-ponorogo-kunjungi-lpk-elmuna

Leave a Comment

Your email address will not be published.