Study Banding DPC HIPKI Magelang di Elmuna Institut

STUDY BANDING LKP KOTA MAGELANG

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.
Untuk itu Lembaga Kursus di Kota Magelang yang di dampingi oleh Dinas Pendidikan belajar di Elmuna secara langsung tentang bagaimana mengelola lembaga kursus agar dapat maju dan berhasil seiring dengan perkembangan jaman. Tentu ada kriteria khusus bagi mereka untuk mengunjungi lembaga kursus yang menjadi rujukan baik itu terakreditasi, berkinerja baik, dan berprestasi ditingkat propinsi maupun di tingkat nasional. Secara kebetulan lokasi lembaga yang di kunjungi yakni Elmuna lokasiny bukan di kota kebumennya melainkan di kota kecamatan, namun demikian mereka tetap sangat antusias dalam menggali berbagai informasi-informasi diantaranya :
– Bagaimana agar siswanya meningkat ?
– Bagaimana agar kursus tetap diminati masyarakat ?
– Bagaimana cara membangun kemitraan dengan steakholder ?
– Bagaimana strategi pengelolaan lembaga agar bisa sukses ?
Itulah pertanyaan besar yang mereka akan gali ilmunya, sehingga pada saat berkunjung pimpinan Elmuna Kebumen menjelaskan point2 pentingnya yang intinya bagaimana LKP bisa tetap hidup dan eksis. Lembaga kursus kalau ingin berkembang sesuai dengan eranya adalah yang pertama harus Up To Date baik programnya maupun sarananya sehigga peminatnya makin banyak, yang kedua adalah berinovasi, karena dengan inovasi-inovasi yang di lakukan dapat menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya dan menjadikan lembaga kita itu unik. Yang ke tiga adalah berkolaborasi atau mau meningkatkan jaringan kemitraan di berbagai bidang. Dari ketiga pondasi itulah menjadikan LKP tetap bisa bertahan dalam kondisi apapun. Tinggal dibarengi dengan bagaiman pengembangan SDM yang ada di dalamnya yang menjadi faktor internal, tim-tim yang ada di dalamnya harus memiliki visi yang sama yakni memajukan lembaga.

Itulah point penting yang bisa diambil hikmahnya atau intisarinya untuk dapa dibawa pulang dan diterapkan oleh lembaga masing-masing. Karena problemnya smua hampir sama ketika LKP sepi bagaimana nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini elmuna sangat berterima kasih atas kunjungannya atas pemberian kesempatan untuk kami bisa berbagai walaupun sedikit semoga bermanfaat buat lembaga-lembaga kursus di Kota Magelang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.